Google

Tuesday, February 01, 2011

AQIQAH MUHAMMAD ANWAR AZIZ

Hari Ahad, 30 Januari 2011 adalah hari ke-7 kelahiran putra ketiga kami yg dijuluki "Adik Muda". Sebagai orang tua yg bertanggungjawab & mengikuti syariat Islam/sunah Nabi, kamipun menyembelihkan 2 ekor kambing untuk aqiqah.

Menyembelih sendiri ke-2 ekor kambing utk aqiqah


Kata 'Aqiqah berasal dari bahasa Arab. Aqiqah berasal dari kata ‘Aqq yang berarti memutus dan melubangi, dan ada yang mengatakan bahwa aqiqah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong, dan dikatakan juga bahwa ia adalah rambut yang dibawa si bayi ketika lahir. Adapun maknanya secara syari’at adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan.[1] Dalam istilah, 'Aqiqah berarti "menyembelih kambing pada hari ketujuh (dari kelahiran seorang bayi) sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat Allah swt berupa kelahiran seorang anak".

Hukum aqiqah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunnah muakkadah, dan ini adalah pendapat Jumhur Ulama, berdasarkan anjuran Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam dan praktek langsung beliau Shallallaahu alaihi wa Sallam. “Bersama anak laki-laki ada aqiqah, maka tumpahkan (penebus) darinya darah (sembelihan) dan bersihkan darinya kotoran (Maksudnya cukur rambutnya).” (HR: Ahmad, Al Bukhari dan Ashhabus Sunan).

This is my junior: Muhammad Anwar Aziz.

Pada kesempatan aqiqah itu pula kamipun memberinya nama "Muhammad Anwar Aziz". Nama ini mengandung arti/makna: Muhammad = pengikut Nabi Muhammad SAW, Anwar = Paling bercahaya/paling indah, Aziz = Yg tersayang/terkasih.

Berikut ini adalah tulisan yg kami sertakan di dalam nasi doos yg telah kami edarkan kepada para sejawat kantor Direktorat Poltekkes Kemenkes Ykt, Jurusan Kesehatan Lingkungan, Apotik Kimia Farma Jl. HOS Cokroaminoto, para tetangga warga asrama dan warga Gadingan, serta teman2 lainnya.

SYUKURAN

AQIQAH


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, telah lahir dgn selamat dan sehat putra ke-3 kami : Laki2, berat 3,5 kg, dan panjang 51 cm, pada hari Senin, 24 Januari 2011 pukul 00.45 WIB di RSIA Adinda, Perum Sinar Soto Sawah Indah AA-4 Jl. Sorangan Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta.


Terima kasih Ya Allah... Atas anugrah yg indah ini...

Jadikanlah kehadirannya di muka bumi ini menjadi semakin menambah kebaikan

dgn bertambahnya para pemakmur bumi-Mu ini, para pencinta syariat-Mu,

para penerus risalah Nabi-Mu... Amien..!


Pada hari ke-7 kelahirannya, kami telah melaksanakan aqiqah dan dgn ketulusan cinta, kami memberinya nama+doa: Muhammad Anwar Aziz


Terima kasih atas doa Bpk/Ibu/Sdr:

Semoga ia menjadi anak yg sholeh, pemimpin orang2 bertakwa, serta dapat menjadi kebanggaan bagi kedua orang tuanya, keluarga besarnya, bangsa, negara dan agamanya... AMIEN !!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 31 Januari 2011


Kami yang berbahagia:

1. Abdul Hadi K, SKM, MPH (Ayah)

2. dr. Rohmah Insyatun (Ibu)

3. Hanif Abd. Karim Afandi (Putra I)

4. Ahmad Taufik Nugroho (Putra II)


Semoga Allah SWT selalu membimbing Muh. Anwar Aziz menjadi hambaNya yg sholih, pengikut Nabi Muhammad SAW yg taat, serta selalu menjadi cahaya yg indah penuh cinta bagi kami orang tuanya ... Amin...

Referensi:
  1. http://www.pesantrenvirtual.com/index.php?option=com_content&task=view&id=953&Itemid=1
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Aqiqah


Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home