Google

Sunday, October 24, 2010

Ringkaslah Alamat URL Anda !

Apakah anda mengalami kesusahan utk menuliskan (apalagi menghapal, red) alamat URL website anda sendiri? Apakah anda pernah mengalami kesulitan utk memberitahu via sms ke rekan/teman/handai tolan ttg alamat URL yg berisi naskah tertentu (ppt/pdf/doc/excel, dll) yg telah anda upload di situs tertentu?!

Kini telah ada solusinya, alamat URL tsb dpt Anda ringkas dengan menggunakan tools yg disediakan oleh berbagai website. Fasilitas ini pada dasarnya sebagai alat bantu utk meringkas URL Anda yg panjang itu secara efektif efisien, dengan memberi nama baru pada URL yg kita masukkan.

URL atau Uniform Resouce Locator adalah alamat dimana suatu website diletakkan. Melalui URL ini maka suatu website bisa diakses dari seluruh dunia. Jika meng-hosting website pribadi di web hosting gratisan pasti URL yang Anda dapatkan akan mengandung elemen dari web hosting yang kita tumpangi tersebut. Contohnya bila kita menggunakan Geocities (www.geocities.com) maka URL yang didapatkan adalah www.geocities.com/namapilihananda. Sementara jika kita menggunakan Tripod (www.tripod.com), URL yang didapatkan adalah www.namapilihananda.tripod.com.

Demikian pula jika anda membuat blog di www.blogger.com atau di www.wordpress.com maka URL blog anda akan menjadi : namapilihananda.blogspot.com atau namapilihananda.wordpress.com (contoh: kemahasiswaanpoltekkesjogja.blogspot.com dan iapky.wordpress.com).

Kita bisa menyingkat URL yang kita dapatkan tersebut melalui website-website yang memberikan pelayanan meringkas URL. Berikut ini adalah daftar beberapa website penyedia penyingkat URL blog / domain, yaitu :
  1. is.gd
  2. pendek.in (katanya ini asli Indonesia yang buat pake domain india)
  3. bit.ly
  4. goo.gl
  5. www.dot.tk
  6. tinyurl.com
Caranya mudah saja, cukup masukkan alamat blog/URL yg berisi naskah tertentu yg telah kita upload di internet ke kolom yang disediakan pada web tersebut. Lalu klik pada tombol "Compress That Address!", "Shorten", "pendek.in", atau "Make TinyURL" (tergantung website apa yang kita pakai utk menyingkat URL).

Contoh: saya telah mencoba meringkas alamat URL http://kemahasiswaanpoltekkesjogja.blogspot.com yg sangat panjang tsb, maka hasilnya menjadi:
  • http://is.gd/gg0Av => menggunakan: is.gd
  • http://goo.gl/P7UX => menggunakan: goo.gl
  • http://bit.ly/bLka9b => menggunakan: bit.ly
  • http://tinyurl.com/3yrtlkk => menggunakan: tinyurl.com
  • http://pendek.in/028o0 => menggunakan: pendek.in
Wah, menarik ya? Berminat membuat shortener URL juga kan?
Semoga informasi ini bermanfaat.


Referensi:
  1. http://inparametric.com/bhinablog/internet/meringkas-url-lewat-dot-tk
  2. http://www.alumni-smanpala.net/forum/komputer-dan-internet/meringkas-url-blog-kamu
  3. http://whyrsm.blogspot.com/2010/10/meringkas-url-dengan-googl.html
  4. http://tinyurl.com/create.php
  5. http://pendek.in/index.php
  6. http://is.gd/create.php
  7. http://www.dot.tk/en/index.html

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home