Google

Saturday, December 12, 2009

Apakah Kebahagiaan seorang blogger ?

Menurut saya, Kebahagiaan sebagai seorang blogger adalah kala mendapati blog yg dibuatnya mendapat kunjungan yg tinggi setiap harinya. Hal ini dapat dilihat dari jumlah hit pada web counternya, atau dari komentar yg masuk di setiap postingan, atau dari page rank. Peningkatan angka page rank dari waktu ke waktu menjadi berkah yg ditunggu2.

Blog pertama yg saya buat adalah blog ini (http://alhiko.blogspot.com/). yaitu sejak Monday, February 27, 2006. Alhamdulillah hingga saat posting ini dibuat, blog ini telah mendapat kunjungan sejumlah 6.168. Angka ini terbilang masih kecil sih dibandingkan blogger senior lainnya. Namun, justru yg mengejutkan saya adalah, blog kedua yg saya buat, yaitu blog Ikatan Alumni Politeknik Kesehatan Depkes Yogyakarta (IAPKY) justru telah melesat angka kunjungannya mencapai 27.485 hits, atau rata2 kunjungan perhari adalah 44,2 hits.

Ini sungguh membahagiakan sekaligus mencengangkan bagi saya. Ternyata blog alumni yg beralamat di (http://iapky.wordpress.com/) telah mendapat perhatian luas dikalangan alumni dan netter lainnya. Hal inilah yg membuat saya smakin bersemangat utk mengupdate artikel2, foto2 gallery Poltekkes Jogja, dan lowongan kerja sektor kesehatan bagi para alumni. Ternyata, smakin byk manfaat yg bisa kita berikan kpd orang lain/netter, akan semakin meningkatkan hits/jumlah kunjungan orang ke situs/weblog yg kita buat.

Disamping mengelola ke-2 web tsb, sayapun menambah koleksi blog ketiga per Mei 2008 yg dikhususkan untuk situs e-Learning kegiatan pembelajaran yg saya ampu. Situs ini beralamat di (http://pbm-alhiko.blogspot.com/). Disinilah saya menyajikan ide2/tulisan ilmiah dan slide presentasi bahan kuliah yg saya buat untuk perkuliahan di kelas.

Inspirasi membuat blog Pembelajaran Alhiko ini adalah agar bahan2 pembelajaran yg saya siapkan dapat bermanfaat pula bagi mahasiswa2 (/dosen2 yg mengampu mata kuliah yg sama) di Perguruan Tinggi lain, dan memotivasi mhs saya utk dapat melek teknologi/internet, sehingga jika mereka membutuhkan bahan kuliah/presentasi yg telah saya sampaikan di kelas tidak asal copy file dgn main cocok flash disc ke laptop saya. Hal ini akan memperkecil resiko laptop saya tertular virus komputer.

Kini, setelah kembali aktif di kantor pasca kuliah S2 di Minat Simkes, Prodi IKM, FK UGM Yogyakarta, saya mendapat tugas tambahan untuk meneruskan sbg admin blog jajaran Pudir III/kemahasiswaan Poltekkes Depkes Ykt. Blog ini sebelumnya telah dibuat oleh Mbak Sari Hastuti, SST -Koord. Urusan Kemhswaan Poltekkes Depkes Ykt.

Menjadi tantangan baru bagi saya utk dapat "menghidup2kan" blog keempat yg saya kelola ini agar dapat dirasakan kemanfaatannya oleh seluruh civitas akademika Poltekkes Depkes Ykt. Terlebih, hingga saat ini situs resmi milik Poltekkes Depkes Ykt yg beralamat di (http://www.poltekkesjogja.ac.id/) justru terkesan tidak bertuan/tidak ber-admin, sehingga up datingnya tidak dapat diharapkan.

Repotkah menjadi pengelola 4 weblog skaligus?! ... Semestinya IYA, namun dengan cinta sebesar2nya, kerepotan itulah kebahagiaan sejatinya seorang blogger. Repot memposting ide2 baru yg segar dan up date, Repot menanggapi comment yg Anda kirimkan, Repot mengupload foto, file & slide presentasi, dll. Dengan kecintaan kepada internet & netter lainnya, rasanya koq semakin repot, semakin Bahagia!!!

Kalau ditanya, Bagaimana rasanya punya/mengelola 4 blog? Jawabku: Rasanya sperti kalau punya 4 istri... He2...

Bagaimana dgn Anda sahabat?! Berapa blog yg anda punya/kelola?

Labels: , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home