Google

Wednesday, November 04, 2009

Ayo, menanam pohon! atau: Kirimlah pohon untuk ditanam orang lain !!


Di suatu sore yg terik pada hari Sabtu, tanggal 31-10-09, saat sedang mengantar istri yang akan piket jaga malam di RSUD Wonosari, kami berpapasan dengan seorang petugas Pos sedang melaju dengan kendaraan operasional PT. Pos Indonesia.

Ada hal yg menarik perhatian dari Pak Pos yg satu ini, yaitu barang yg dibawanya bukanlah tas besar yg sarat dgn amplop surat/ paket untuk diantarkan ke alamat tujuan, melainkan 2 batang pohon/tanaman dalam plastik polybag.

Saya memang tidak sempat bertanya langsung ke Pak Pos tsb, apakah itu paket kiriman
orang lain untuk diantarkan/ memang pohon yg baru saja dibelinya untuk ditanam dirumah ybs, karena foto ini diambil saat sedang menanti traffic light di Jl. Sultan Agung, Ykt.

Pemandangan ini menyadarkan saya bahwa memang sudah saatnya kita memasyarakatkan
menanam pohon, setidaknya 1 orang/jiwa minimal 1 pohon setiap bulan/tahun, untuk ikut mengatasi efek pemanasan global (Global Warming) yg saat ini sudah mulai terasa akibatnya, seperti: perubahan iklim, musim kemarau yg panjang, krisis air dan pangan, suhu udara yg semakin terik, naiknya permukaan laut, tenggelamnya pulau2 kecil, dll.

Disamping itu, untuk menumbuhkan kesadaran tsb, perlu juga kita mengajak teman/sdr dan handai tolan menanam dengan cara mengirimi mereka paket tanaman buah/tanaman keras lain yg bermanfaat (pohon jati emas, dll) untuk ditanam di lahan masing2. Terutama bagi kita yg tinggal di kota, yg tidak mempunyai lahan utk penghijauan, (karena berharganya sejengkal tanah utk tempat tinggal, tempat usaha, dll).


Banyak lho manfaat yg akan kita dapat dengan menanam pohon. Setidaknya ada 30 alasan untuk menanam pohon sebanyak-banyaknya, dan rasakan kedahsyatan manfaatnya, seperti yg ditulis di blog ini, antara lain, yaitu: mengurangi efek rumah kaca, meningkatkan kualitas air tanah, membersihkan udara yang kita hirup, mendinginkan kota, mengurangi stress, mengurangi polusi suara, tanah lebih subur, memungkinkan kicau-kicau burung nan merdu, dll.

Smoga suatu saat nanti, tentunya tak kan lama lagi, hal ini akan menjadi gerakan massive, bahkan dalam bayangan saya, sampai2 orang akan mengirimi paket lebaran/hadiah ulang tahun/kado pernikahan teman/handai tolannya dengan bingkisan sebatang pohon untuk ditanam...
Ide Bagus, bukan?!

Ayo, menanam pohon! atau: Kirimlah pohon untuk ditanam orang lain !! Tunggu apa lagi, Mari selamatkan bumi, agar bumi juga menyelamatkan kita... (Barangsiapa mengasihi makhluk-NYA yg ada di bumi, maka Yang di langit juga akan mengasihinya, red.)

Labels: , ,

1 Comments:

At 6:03 PM, Anonymous Ach. Maulana said...

Ayo selamatkan dunia...dengan menanam pohon

 

Post a Comment

<< Home