Google

Sunday, March 21, 2010

Catatan kecil dari biaya Studi S-2 di SIMKES UGM

Melanjutkan posting sebelumnya tentang wsd S2 saya, kali ini saya akan memberikan ilustrasi biaya yg harus dikeluarkan untuk menempuh studi tsb. Semua data ini saya sajikan berdasarkan kuitansi2 yg telah saya kumpulkan secara teliti. Smoga informasi ini bermanfaat bagi para calon peserta TUBEL S2 khususnya di Minat SIMKES UGM Ykt, dan bukan sebaliknya, semakin tidak berminat melanjutkan S2 karena "menguras sumber daya" (terutama tabungan).

Dana (Biaya institusional) yg telah saya keluarkan selama menyelesaikan study S-2 ini tercatat sebanyak : Rp. 32.800.000,- dgn rincian sbb:
  • Biaya pendaftaran &Tes seleksi S2 : Rp. 550.000,-
  • Biaya kepastian : Rp. 2.000.000,-
  • SPP Termin I (awal smt I) : Rp. 11.600.000,-
  • SPP Termin II (awal smt II) : Rp. 8.700.000,-
  • SPP Termin III(awal smt II) : Rp. 8.700.000,-
  • Wisuda &Pelepasan Pascasarjana : Rp. 1.250.000,-
Diluar biaya itu juga ada biaya2 non institusional yg berupa biaya hidup, biaya modul/buku, biaya studi banding, biaya penelitian, biaya sarana (transport, kos, rental komputer, dll), biaya pembelian komputer/laptop, dll yg besarnya jika dihitung2 bisa mencapai kurang lebih 15 juta rupiah...

Syukurlah selama studi S2 tsb saya mendptkan bantuan biaya tugas belajar dari "rakyat Indonesia" yg baik hati (melalui APBN) sebesar:
  • Agustus - Desember 2007 = Rp 10.180.000,-
  • Januari - Desember 2008 = Rp 32.600.000,-
sehingga Total bantuan Beasiswa Tubel yg saya peroleh adalah: Rp. 42.780.000,- Dengan demikian, secara hitung2an resmi/biaya institusional, masih terdapat kelebihan dana tubel yg bila kita bisa menghemat, bisa digunakan utk menutup biaya2 non institusional sebagaimana tersebut diatas.

Hasil studi S2 saya -khususnya dalam hal IPK- jika dibandingkan dengan S1 di FKM Undip Semarang dulu juga tidak lah mengecewakan, yaitu: IPK S1= 3,40 dan IPK S2= 3,50.

Terima kasih kpd segenap pihak, terutama kepada Allah SWT, kedua orangtuaku, dan Rakyat Indonesia yg telah menjadi jalan bagi keberhasilan studi ini.

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home