Google

Thursday, August 04, 2011

BELAJAR MANAGEMENT SIAGA BENCANA DI BAPELKES BATAM

Selama 1 minggu, dari tgl 25 - 31 Juli 2011 saya berkesempatan mewakili Poltekkes Kemenkes Ykt mengikuti kegiatan Pelatihan Siaga Bencana Angkatan I yang diselenggarakan oleh Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam.

Sesi pembukaan Pelatihan Siaga Bencana yang berlangsung di Auditorium Bapelkes Batam.

Peserta pelatihan ini berjumlah 30 orang, terdiri dari:
  1. Dosen dari 23 Poltekkes Kemenkes seluruh Indonesia (23 orang),
  2. Dosen/staf dari Bapelkes Batam (3 orang),
  3. Staf Kantor Kesehatan Pelabuhan/KKP (3 orang), dan
  4. Staf Dinas Kesehatan Kota Batam (1 orang).
Alhamdulilah, seluruh biaya penyelenggaraan, transport peserta, serta uang harian selama 2 hari dan uang saku ditanggung sepenuhnya oleh Bapelkes Batam.

Kami para peserta pelatihan tsb mendapat kesempatan istimewa untuk merasakan dan mencicipi kemewahan cita rasa dan suasana gedung baru Bapelkes Batam yg baru diresmikan oleh Menkes RI pada tanggal 19 Feb 2010. Bangunan baru Bapelkes Batam ini layaknya sebuah hotel berbintang 4 atau gedung pertemuan mewah. Terdiri dari 3 gedung/ tower, yaitu Tower A (Aceh), Tower B (Sumut), dan Tower C (Riau). Informasi selengkapnya mengenai Bapelkes Batam dpt dilihat DISINI.

Maket gedung/Tower A, B, dan C yang ada di komplek Bapelkes Batam Jl. Tanjung Uncang, Marina City, Kec. Batu Aji, Kota Batam.

Dalam pelatihan ini, para peserta memperoleh materi dasar, materi inti dan materi penunjang terkait Manajemen Siaga Bencana. Kesemua materi yang disampaikan tersebut setara dengan 60 JPL (Jam Pelajaran).

Para peserta pelatihan pun punya trik jitu utk mengatasi rasa kantuk yg melanda selama mengikuti sajian materi yg padat, berat & bahkan hingga larut malam tsb. Yaitu dgn meneriakkan yel2 "Tepuk Siaga Bencana". Bait yel2 tsb adalah sbb:

BENCANA... (Tepuk 3X)
KAMI SIAGA... (Tepuk 3X)
KAMI BERKARYA... (Tepuk 3X)
KAMI BAHAGIA... YES !!!

Alhamdulillah... saya bisa menambah ilmu, wawasan & relasi baru menjelang Ramadhan 1432 H. Smoga ilmu yg diperoleh tsb menjadi ilmu yg bermanfaat bagi saya, Poltekkes Kemenkes Ykt, dan masyarakat pada umumnya.

Meskipun sudah tahu ilmunya Siaga Bencana, namun tentu kami-para peserta pelatihan- tak berharap akan ada banyak Bencana di sekitar kita sehingga kami dpt mempraktekkan langsung ilmu tsb di lapangan nyata.

Ya Allah, lindungi kami, daerah kami, dan negeri kami dari segala mara bahaya dan bencana... Amin.. !!!

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home