Google

Monday, September 29, 2008

Al-Ma'tsurat, wirid harian orang beriman.

Jika Anda terbiasa berdzikir tidak ada salahnya membaca dzikir Al-Ma’tsurat. Al-Ma’tsurat adalah kumpulan doa-doa yang ma’tsur (sehingga dinamakan al-Ma’tsurat) dari ayat Al-Qur'an utama dan hadits Nabi Muhammad SAW. Ia adalah bentuk wirid untuk dibaca setiap pagi dan petang (setelah sholat Subuh dan sholat Magrib). Doa-doa ini mempunyai banyak keutamaan bagi yang membacanya.

Al-ma’tsurat disusun oleh Imam Syahid Hasan Al-Banna, pendiri gerakan Ikhwanul Muslimin, yang berusaha keras untuk mengingat Allah (SWT) pada semua sisi kehidupan. Sesungguhnya, hal tersebut merupakan cara hati untuk mencapai kedamaian dan keseimbangan hati.


Dzikr tidak hanya terbatas pada kata-kata, taubat adalah dzikr, muhasabah adalah dzikr, mencari ilmu pengetahuan adalah dzikr, mencari kebenaran (dengan niat yang benar) adalah dzikr dan secara umum, setiap tindakan menurut hukum selama itu diniatkan kepada Allah (SWT) maka itu adalah dzikr. Agar dzikr dapat berbuah kebaikan, maka ada beberapa etika dalam berdzikr yaitu :
  1. Kerendahan hati, ketenangan hati, dan pemahaman atas arti dari dzikr dan do’a.
  2. Merendahkan suara serendah mungkin hingga tidak mengganggu orang lain tetapi pada saat yang sama seseorang harus terjaga.
  3. Tertib secara berurutan apabila dzikr tersebut dalam bentuk kolektif. Seseorang tidak boleh terlalu cepat atau terlalu lambat dalam urutannya, tetapi tetap menjaga tahap dari urutan dzikr.
  4. Bersih dan sopan pada pakaian dan tempat dzikr.

Dengan memperhatikan tuntunan ini, seseorang akan mendapatkan kebahagiaan di hatinya, cahaya di jiwanya dan berkah Allah (SWT). Amin.

Untuk memudahkan Anda mengetahui dan mengamalkan dzikir Al-ma’tsurat tersebut, Saya sisipkan materi tersebut dibawah ini.

Silahkan download disini, untuk diprint dan dihafalkan :

Selamat berdzikir dan beramal…. Semoga Allah senantiasa mengiringi hari-hari kita dengan rahmad, hidayah, dan magfirah-Nya. Amin... !

-------------------------------------------------------------------

Sumber : Blog Iman Nugraha dan Perpustakaan online

Labels: , , ,

2 Comments:

At 10:24 AM, Blogger jakarta71 said...

mas paulannya dimana sich aku di paulan timur, kalau boleh kenal...
jakarta71@gmail.com

 
At 10:08 PM, Anonymous alhiko said...

Paulan, Colomadu, depan Gedung pertemuan PRPP, Baratnya/sampingnya Masjid Al Huda Paulan, persis di pinggir jalan raya Adi sucipto itu.

 

Post a Comment

<< Home