Google

Friday, August 01, 2008

Ingin tau Seluk Beluk Penyakit ? Lacak aja via Medpedia

Lacak Seluk Beluk Penyakit via Medpedia (Lihat situsnya, klik disini)



San Francisco - Sebuah proyek situs kesehatan ambisius tengah digarap. Medpedia, demikian nama situs yang mirip dengan Wikipedia ini, digadang-gadang menjadi sumber informasi medis terbesar di internet.

Situs gratis ini dirancang untuk memuat informasi penyakit, obat-obatan, prosedur medis maupun seluk beluk rumah sakit secara komprehensif. Seperti model Wikipedia, Medpedia akan ditulis dan diedit oleh relawan dengan syarat khusus, yaitu harus memegang gelar akademis di dunia medis.

Versi preview Medpedia ini telah dirilis untuk publik. (Untuk melihat preview-nya, silahkan klik disini). Sementara untuk versi lengkap rencananya bakal diluncurkan pada akhir tahun 2008 ini.

James Currier, salah satu pembesut Medpedia menyatakan bahwa pembuatan situs ini memang diinspirasi oleh Wikipedia yang punya banyak manfaat.

"Dengan eksperimen berkelanjutan dan panduan dari komunitas medis, Medpedia juga bisa memberi manfaat bagi dunia kesehatan," terang James seperti dilansir Telegraph dan dikutip detikINET, Jumat (1/8/2008).

Namun memang Medpedia bukan situs medis pertama yang eksis. Di Inggris misalnya, sudah ada situs bernama NHS Direct yang juga menjadi semacam ensiklopedi kesehatan komprehensif.

Medpedia didirikan oleh sebuah perusahaan internet bernama Ooga Labs. Beberapa profesor dan institut akademis menjadi pendukungnya, di antaranya adalah Stanford School of Medicine, the University of California Berkeley School of Public Health, dan University of Michigan Medical School.

(Sumber: detikinet, Jumat, 01/08/2008 dengan beberapa tambahan penjelasan dari Alhiko)

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home