Google

Friday, April 25, 2008

Kenapa "alhiko" ?

Ada teman yg bertanya2, dari mana asal muasal datangnya inspirasi kata alhiko untuk merepresentasi diri Abdul Hadi kadarusno didunia maya ini (internet) ?

Awalnya bingung juga bagaimana mau menyingkat / membuat inisial / akronim nama saya yang cukup panjang itu. Singkat kata, dapatlah inspirasi dari seorang tokoh ulama, aktivis politik dan penulis Indonesia yang amat terkenal di alam Nusantara: Haji Abdul Malik Karim Amrullah, disingkat menjadi Hamka (diambil dari huruf awal dari setiap kata, red).

Saya juga pingin punya akronim/inisial nama yang seperti itu: Mudah diingat, khas, dan otentik (made in sendiri, red), serta kalau bisa berbau Islami. Alhamdulillah, setelah beberapa kali mencoba mengotak-atik huruf dan kata yang ada pada nama asli saya, akhirnya muncullah "kata mutiara" itu = ALHIKO !

Unsur2 yang tadi disebutkan ternyata sudah terkandung dalam kata ALHIKO ini, mudah diingat, khas, otentik, dan Islami.
Islami ?? Koq bisa ?! Lha iya lah, kata-kata dalam Islam (Bahasa Arab,red.) banyak skali mengandung/diawali dengan kata Al-........., seperti : Al Qur'an, Al Hadist, Al Baqarah, Al Jazirah, Al Ma'tsurat, Al Malik, Al Aziz, dll.

Nah, klop sudah ! Sejak saat itu, kata alhiko menjadi trademark kebanggaan saya, mulai dari email, hingga nama blog ini. Oh ya, untuk email saya : alhiko@yahoo.com, sudah saya gunakan sejak 1997-an. Hem... sudah lama juga khan?!
Ini karena dorongan perlunya alamat email untuk dapat terus menyambung silaturrahim dengan seorang sahabat dekat yang kala itu sedang menempuh studi S2 di Jerman. (Terima kasih sahabatku, semoga Allah senantiasa mengasihi mu sekeluarga, Amin...).

Ada kejadian lucu yang kemudian terkait dengan inisial saya itu, yaitu pada saat kami mahasiswa S2 SIMKES UGM mengikuti Seminar E-Healthcare: Strategi Adopsi dan Implementasi Teknologi Informasi untuk Pelayanan Kesehatan pada hari Sabtu, 19 April 2008 di Auditorium Lt.5 Jogja International Hospital (JIH) . Panitia seminar, yang kebetulan dari pengelola S2 SIMKES UGM tempat saya kuliah, menyediakan aneka doorprize bagi peserta seminar yang dibagikan pada akhir kegiatan penutupan seminar. Mulai dari kaos, tas, hingga yang tertinggi adalah 2 buah HP+kartu perdana Smart.

(Saya bersama peserta seminar lain yang mendapat HP)

Tak disangka tak dinyana, nomor kupon saya (No.61) muncul sebagai salah satu yang beruntung memdapatkan doorprize HP tersebut. Alhamdulillah !!! baru kali ini saya mendapatkan doorprize, dan tak tanggung2 ... sebuah paket HP ! Bangga, haru & penuh syukur saya panjatkan kepada Allah SWT. Ini rizki nomplok, seperti dapat durian runtuh. Smoga bermanfaat bagi jalinan silaturrahim kepada sanak saudara, kerabat dan handai tolan (Siapa tuh?! he2..).

Oleh teman2 SIMKES dikatakan: alhiko hari ini berubah jadi alhoki.... He2...Ada-ada aja. Tapi boleh juga doanya.... Terima kasih!!! Smoga demikian slalu nasib saya... Alhiko = Al Hoki, fiddun ya wal akhirat... Allahumma Amien ...

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home