Google

Wednesday, March 05, 2008

Belajarlah di SIMKES Wahai Saudaraku...

Terdengar Aneh himbauan saya kali ini : "Belajarlah di Sistem Informasi Manajemen Kesehatan (SIMKES) ..." Namun, demikianlah kenyataannya.

Saat ini kita berada ditengah2 arus globalisasi dan informasi yg sangat deras, tak hanya berbentuk papers seperti yg selama ini telah kita kenal, tetapi juga paperless, serba diimbuhi dengan embel2 "e-....", contohnya e-mail, e-bisnis, e-learning, e-commerce, e-shopping, e-goverment, e-health, dll.

Sektor kesehatan pun tak luput dari perkembangan teknologi informasi komputer / Information Communication Technology (ICT). Sementara itu, SDM Kesehatan yang ada dan yg menguasai / melek komputer (computer literacy) masih sangat terbatas. Saat ini saja S2 Simkes UGM baru memasuki angkatan III. Di S2 Simkes UNDIP yg lebih awal berdiri pun juga baru memasuki angkatan V (?!?). Sehingga tenaga kesehatan lulusan S2 Simkes masih sangat banyak dibutuhkan, tak hanya untuk mengisi kebutuhan di Depkes /Pusat, tapi juga kebutuhan di tingkat Propinsi, dan Kab./Kota. Hal ini terkait dengan kebijakan Departemen Kesehatan untuk membangun sistem informasi kesehatan yang disebut SIKNAS yang melingkupi sistem jaringan informasi kesehatan mulai dari kabupaten sampai ke pusat. Walaupun program pengembangan SIKNAS sudah berjalan di hampir 80% Kabupaten/Kota tetapi masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya disebabkan karena keterbatasan sumberdaya yang dimiliki (Depkes, RI. 2007).

Jadi, jika anda ingin menjadi orang yg melek komputer dan ICT, khususnya dalam sektor kesehatan, maka merupakan pilihan yg tepat dan cerdas jika anda memilih untuk memperdalam ilmu dan ketrampilan di Prodi SIMKES. Gak bakal rugi deh... Dijamin ! (Asalkan anda menguasai dgn benar2 smua ilmu dan teknologi yang diajarkan).

Selamat bergabung dengan kami yang telah merasakan manfaat dari mengambil kuliah di SIMKES, (meski belum lulus dan mengaplikasikannya ditempat kerja masing2).

Labels: , ,

2 Comments:

At 7:55 PM, Blogger atika said...

Assalamualaikum..slm kenal bapak..sy bekerja di rs bengkulu,pendidikan d3 elektromedik,s1 teknik informatika.sgt tertarik utk s2 minat simkes,bisa ga yb pak krn s1 sy bkn sarjana kesehatan.mohon bls ke email sy y pak.jazakallahu pak..assalamualaikum..

 
At 8:37 PM, Blogger Abdul Hadi Kadarusno said...

Wslm, Atika. Trims komentarnya, sayangnya email Atika koq nggak disertakan? sehingga saya tak bisa membalasnya ke email tsb.
Oya, Bisa skali lulusan s1 teknik informatika melanjutkan ke S2 SIMKES. Apalagi Anda punya basic ilmu D3 keshtnn(elektromedis),dan saat ini berkerja di RS. Itu sgt sesuai...
Ok, Slmt menempuh test. Smoga lulus & bisa kuliah di SIMKES.
Sampai jumpa..

 

Post a Comment

<< Home