Google

Wednesday, March 12, 2008

Pengalaman dari Workshop Pengelolaan Content Video dan Audio berbasis CMS

Rabu, 12 Maret 2008, jam 13.30 WIB s/d 18.30 WIB bertempat di Laboratorium Komputer Kampus Magister Manajemen UGM, Jl. Teknika Utara, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia, 55281, dengan biaya Rp.100.000,- saya mengikuti kegiatan Workshops "Pengelolaan Content Video dan Audio berbasis CMS".

Kegiatan workshop ini sebagai kelanjutan dari acara Seminar Nasional "Pengembangan Content Berbasis Broadband Network untuk mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bisnis" yang berlangsung pada hari yang sama dari jam 08.00 - 12.00 WIB Auditorium MM UGM Jl. Teknika Utara.

Workshop ini mengajarkan peserta tentang bagaimana menggunakan program aplikasi Content Management System (CMS) Joomla! dengan Trainer dari Inixindo Yogyakarta.


Dengan Joomla! akan membantu kita membangun personal website yg simple sampai ke corporate website yg komplek / aplikasi on-line yg lain, tanpa harus pusing2 belajar /menguasai:
  1. Program HTML (untuk membuat teks website),
  2. Program ASP/PHP/JSP (untuk membuat website yg dinamis),
  3. Program My SQL/PostGres/Oracle, dll (untuk data base website dinamis),
  4. Program Photoshop/Corel/Flash, dll (untuk mengolah dan memdukan foto/logo/banner).
Program Joomla! ini cukup komplit dan mudah untuk diaplikasikan, disamping softwarenya yang Open Source, tersedia secara gratis / bisa didownload secara free dari internet.
Jadi kalau ingin membuat komunitas video share seperti www.youtube.com, atau ingin membuat demo produk, e-learning atau e-news berbasis text, picture (seperti www.flicker.com), video dan audio di internet bisa dengan Joomla!

Materi yang direncanakan akan diajarkan:
- Instalasi Joomla!
- Instalasi plugin
- Cara pemakaian dan setting layout website dengan menggunakan Joomla!
- Cara pengelolaan Video Content bersumber video lokal maupun menggunakan sumber-sumber dari website video sharing yang sudah terkenal.
- Upload ke web server

Akan tetapi, sangat disayangkan pelaksanaan workshop ini tidak berjalan mulus, karena berulangkali terjadi pemadaman listrik (3x), karena hujan deras mengguyur Yogyakarta sejak pukul 15.30 WIB sehingga mengganggu kenyamanan dan kelancaran peserta. Dan sampai saat workshop berakhir, panitia sudah kehabisan waktu untuk menyampaikan materi tentang bagaimana meng-upload content yang sudah kita buat di template Joomla! tersebut ke salah satu situs yang disediakan secara gratis oleh pihak sponsor selaku penyedia jasa hosting, yaitu www.1000dunia.com

Panitia menjanjikan untuk mengajari caranya meng-upload melalui modul yang akan dibuat dan dikirimkan ke peserta workshop melalui alamat email masing2. (Semoga gak ingkar janji, yaa?!)

Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home