Google

Wednesday, February 04, 2009

Pelayanan kesehatan (Yankes)

Yankes di Dusun Geplakan, Banyuraden, Gamping, Sleman

Sebagai orang kesehatan, apalagi kami berdua sama2 berprofesi sbg tenaga kesehatan ( istri adalah Dokter Umum, dan saya adalah Pak "Dokter" Lingkungan/Sanitarian ) maka kemampuan, keahlian, dan ilmu pengetahuan tentang kesehatan yg kami kuasai adalah asset yg sangat berharga untuk dpt dibagi kepada masyarakat sekitar. Tentu tidak untuk mendapatkan imbalan/gaji/honor tambahan dari masyarakat yg miskin/sedang menderita/sakit, melainkan -insya Allah- murni utk pengabdian kepada masyarakat, dan sebagai wujud rasa syukur kami telah diberiNya nikmat kesehatan, dan diberiNya nafkah dari sektor kesehatan.

Sejak beberapa tahun lalu, istri sudah sering dimintai tolong menjadi tenaga dokter pada acara Yankes (pelayanan kesehatan) yang diadakan oleh salah satu organisasi massa. Bahkan yang terjauh, kami pernah dimintai membantu pelaksanaan yankes di daerah Wedi, Klaten, Jawa Tengah. Kadang juga tidak selalu dimintai tolong untuk menjadi tenaga medis/dokter, melainkan hanya untuk mengisi penyuluhan tentang penyakit/kesehatan.

Si kecil Taufik pun ikut membantu Umi-nya pada saat
Yankes di Dusun Patran, Banyuraden, Gamping, Sleman.

Akhir2 ini, intensitas kegiatan yankes yang kami ikuti juga semakin meningkat. Disaat banyak pihak yg menghambur2kan waktu, tenaga, pikiran, harta, dan uang untuk keperluan sosialisasi diri menjelang kampanye legislatif maupun pilpres 2009, justru kami diajak menyibukkan diri, setidaknya seminggu sekali, turun ke dusun2 sekitar tempat kami tinggal untuk melaksanakan yankes.
Yankes di Dusun Kwarasan, Banyuraden, Gamping, Sleman

Diharapkan melalui kegiatan seperti ini masyarakat akan semakin merasakan manfaat dari keberadaan organisasi massa tsb, disamping juga akan semakin mengentaskan masalah2 kesehatan yang dirasakan oleh masyarakat sehari2.

Yankes ini memang hanya menangani kasus2 yg sifatnya ringan, sedangkan untuk kasus2 yg berat maka kami hanya bisa menyarankan/merujuk untuk berobat lebih lanjut ke unit pelayanan kesehatan terdekat (puskesmas,red) atau langsung ke RS. Obat2an yg diberikan pun terbatas untuk kasus2 penyakit yg umumnya banyak diderita oleh masyarakat, seperti hipertensi, pusing, diare, flu, batuk, penyakit kulit, dll.

Meski demikian, antusiasme masyarakat tidak lantas menjadi berkurang. Apalagi kegiatan ini sifatnya gratis/masyarakat yg datang memeriksakan dan diberi obat pada saat yankes tidak dipungut biaya, kecuali jika mereka menginginkan untuk memeriksa kadar gula darah/asam urat yang memang harus membayar karena itu diluar post anggaran kegiatan yankes. Yang datangpun tidak melulu orang yang sakit, miskin/ tidak mampu. Justru sebagian besar yang datang adalah orang2 yg masih cukup sehat & mampu secara finansial.

Ini berarti sambutan masyarakat sangat baik/welcome terhadap kegiatan yankes seperti ini, dibandingkan dengan kegiatan2 konvensional semacam bagi2 uang, bagi2 kalender, stiker, poster/brosur oleh para caleg / capres.

Semoga Allah meridhoi amal perbuatan kami dan menguatkan kami untuk dapat slalu ikhlas membantu sesama yg membutuhkan uluran tangan dari tenaga kesehatan profesional .... Amin !

1 Comments:

At 3:16 PM, Anonymous _subhan_ said...

sukses pak dokter, semoga menjadi tempat yang terpercaya untuk masyarakat..

@salam kenal pak dokter

 

Post a Comment

<< Home