Google

Monday, December 08, 2008

Ya Allah terimalah "Qurban" kami... !

Pada Hari Raya Idul Adha 1429 H/2008 M kali ini kami tidak pulang mudik ke tempat mertua di Paulan, Colomadu, Karanganyar sebagaimana tahun sebelumnya, karena istri tercinta masih bertugas / piket jaga malam di UGD RSUD Wonosari, G. Kidul. Saya pun hanya bisa mengajak Hanif Abd. Karim Afandi (putra I) melaksanakan Sholat Idul Adha di lapangan kampus Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), namun karena cuaca mendung dan hujan gerimis mulai turun menjelang pelaksanaan sholat Id, akhirnya sholat dipindahkan ke dalam masjid (untuk jamaah putra) dan Pendopo STPN yg letaknya berdekatan (untuk jamaah putri).

Saat2 menanti sholat Id di lapangan STPN.. mendung menggelayut dilangit Yogya.

Sepertinya panitia sdh cukup siap dan sigap menghadapi situasi ini, sehingga plan B ini dapat berjalan baik, meski pelaksanaan sholat sempat tertunda slama 30 menit karena mempersiapkan sound system bagi jamaah yang sholat di Pendopo STPN.

Setelah pulang sholat Idul Adha, saya dan Hanif bersiap ikut menyaksikan penyembelihan hewan qurban di Masjid Al Jamiah Geplakan skaligus bersiap untuk menjemput Istri tercinta dari jaga malam.
Inilah sapi qurban kami di Dusun Geplakan, Banyuraden.

Panitia Qurban Masjid Al Jamiah juga telah jauh2 hari meminta kesediaan istri untuk membantu pelaksanaan kegiatan Yankes (pelayanan kesehatan) bagi warga Dusun Geplakan bersamaan dengan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Masjid Al Jamiah.

Setelah melepas lelah sejenak dirumah, Saya bersama istri dan kedua jagoan kamipun langsung meluncur ke lokasi pelaksanaan qurban dan yankes di Dusun Geplakan. Kegiatan ini disambut hangat oleh para bapak/ibu yang datang di masjid, karena pemeriksaan dokter dan obatnya Gratis Tis !!! Apalagi mereka ingin berjaga2 dari resiko darah tinggi akibat over konsumsi daging yang akan diperoleh setelah pemeriksaan kesehatan itu.

Kiranya kegiatan yankes seperti ini perlu ditiru oleh panitia qurban ditempat lain dan diselenggarakan rutin setiap peringatan Idul Adha.

Mulai dari anak2 ...

... hingga yang sudah beranak-pinak

Semua orang perlu menjaga dan memeriksakan kesehatannya. Yang tua beresiko hipertensi, DM (Diabetes Mellitus), stroke, osteoartritis, asam urat, jantung, dan penyakit2 degeneratif lainnya. Yang muda beresiko kurang gizi, batuk-pilek, dan penyakit2 musiman lainnya ...

Karena saya hanya seorang sanitarian yg kemudian mendalami sistem informasi, bukan seorang tenaga medis (dokter) atau paramedis (perawat), maka saya hanya bisa membantu dalam hal administratif dan dokumentasi kegiatan penyembelihan qurban dan yankes ini. Awalnya karena kekurangan orang yg membantu yankes, saya mencoba membantu di penyediaan obat bagi pasien yang telah diperiksa oleh dokter. Namun, ternyata membaca kertas resep obat yang ditulis istri sendiri tidak semudah membaca surat cintanya kepada saya dahulu...he2.
Ya sudah, saya menyerah, daripada malah menghambat orang2 yg membutuhkan obat, "Serahkan pada ahlinya... " Begitu pesan Nabi Muhammad SAW. Saya serahkan urusan itu kepada ibu2 aktivis dakwah lainnya yang sudah datang di masjid dan sudah terbiasa membantu pelaksanaan Baksos (bakti sosial) /yankes.

Akhirnya setelah sholat Dhuhur pelaksanaan yankes ini pun berakhir. Ada sekitar 30 orang warga masyarakat sekitar yang ikut menikmati & merasakan manfaat yankes gratis ini. Semoga Allah mengaruniakan kesehatan dan kesembuhan bagi semua orang yang ikut yankes ini... Amin..!

Menikmati makan siang sepuas-puasnya... Setelah semalaman lelah berjaga di UGD, lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan di lokasi penyembelihan Masjid Al Jamiah, Geplakan.

Ya Allah, terimalah hewan qurban dan ibadah "qurban" kami ini. Hanya inilah yang dapat kami lakukan untuk mengagungkan Asma-Mu dan mengasihi sesama ciptaan-Mu di hari raya ini. Semoga Engkau slalu memampukan kami untuk berbuat ketaatan, kebaikan dan amal2 sholih kepada-Mu dan kepada sesama...
Amin.. yaa mujibassa'ilin...

Labels: , , , , , ,

1 Comments:

At 1:07 AM, Anonymous tambal BAN said...

Insya Allah... ibadah qurban anda akan menjadi pahala dan manfaat bagi kita semua, dan pasti akan dilipat gandakan oleh Allah, apa yg sdh anda qurban kan bagi orang banyak... amin.. tapi ko aku ga kebagian daging nya ne... hehehe... sukses truss

 

Post a Comment

<< Home