Google

Sunday, December 07, 2008

Idul Adha 1429 H, Mari ber-Qurban !

Alhamdulillah pada peringatan Hari Raya Idul Qurban/Idul Adha 1429 H yang jatuh pada tanggal 10 Dhulhijjah 1429 H, atau bertepatan dengan hari Senin, 8 Desember 2008 kami dapat menunaikan kewajiban mengeluarkan hewan qurban 1/7 sapi melalui takmir Masjid Al Jami'ah untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di Dusun Geplakan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Ykt.

Satu hari sebelumnya, yaitu pada tanggal 9 Dhulhijjah 1429 H, atau bertepatan dengan hari Ahad, 7 Desember 2008 kami juga telah ikut melaksanakan puasa sunat Arafah, bertepatan dgn pelaksanaan wuquf di Padang Arafah oleh para jamaah haji di Arab Saudi. Karena Rasulullah Muhammad SAW telah menjanjikan pahala yang besar yaitu: "Puasa pada hari Arafah bisa menghapus dosa-dosa selama 2 thn, yaitu setahun yg sudah lewat dan setahun yg akan datang...",(HR.Muslim)

Awalnya kami telah berencana/meniatkan akan menyalurkan dana pembelian hewan qurban tsb melalui salah satu lembaga amil zakat infak dan sedekah yang sudah banyak berdiri di Indonesia, seperti : Baznas, PKPU, DPU-DT, Rumah Zakat, Portal infaq, Indonesian Ziswaf Center, dll. Namun, berhubung seorang teman yg aktivis dakwah di Dusun Geplakan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yk itu telah lebih dulu menghubungi untuk minta tolong kami menggenapi iuran sapi ke-2 yang masih kurang orangnya, akhirnya kami putuskan untuk tahun ini kami ikut berqurban di Dusun Geplakan itu saja, dan Insya Allah untuk tahun depan kami akan melaksanakan qurban dgn disalurkan melalui lembaga amil zakat infak dan sedekah terpercaya. karena Insya Allah akan lebih dirasakan manfaatnya bagi masyarakat
diluar kota/diluar Jawa yg masih sangat jarang merasakan daging qurban.

Pada saat peringatan idul qurban seperti ini, daging qurban berlimpah ruah, sehingga terkadang pendistribusiannya kurang tepat sasaran/mubazir, orang2 kaya pun menerima paket daging qurban dari beberapa masjid yang ada disekitar rumahnya...

Tentu akan lebih manfaat jika hewan qurban kita disalurkan melalui lembaga amil zakat infak dan sedekah, apalagi jika daging qurban kita dapat diolah menjadi daging kornet kalengan sehingga dapat bertahan hingga 3 tahun. Karena setelah bertahun2 berpengalaman ikut menjadi panitia idul qurban di masjid dan kantor, saya rasakan bahwa meskipun di Jawa sini masih banyak orang yang miskin, namun diluar Jawa sana justru kehidupan orang2 yang miskin lebih susah lagi... tidak ada jalan, sarana transportasi sulit, tidak berpendidikan, Masjid masih jarang, biaya hidup mahal, hidup terisolasi, tiada siaran radio/TV, dll.

Kamipun meniatkan mulai tahun ini untuk dapat menunaikan rukun Islam ke-5, yaitu ibadah haji di Baitullah, dan telah mengkongkritkan niat tersebut dengan membuka rekening tabungan haji "Arafah" di Bank Muamalat, dengan saldo awal Rp. 4 juta. Insya Allah kami akan berusaha keras menyisihkan setiap dana yang ada guna mempercepat tercapainya jumlah saldo tabungan itu sehingga dapat mencapai Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang ditentukan pemerintah. (Berapa tahun lagi ya?? Mohon doanya saja deh...)

Semoga Allah SWT berkenan menerima amal2 sholih yang telah kita lakukan dan niat2 baik yang akan kita kerjakan... Amin.


Selamat Idul Adha 1429 H, Selamat berbagi daging qurban,
Hati2 jangan kebanyakan makan daging, trus tensinya jadi tak terkendali...



Labels: , , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home