Google

Wednesday, November 28, 2007

Lupa, lalai bersyukur? Ingat, resapi kasus manusia pohon yg satu ini.....


Manusia Pohon? “Virus Yang Sangat Ganas!”

Akhirnya “Manusia Pohon di Rawat di RSHS”.

Julukan “Manusia Pohon” atau “Manusia Akar” kini melekat pada diri Dede (37). Ia menderita penyakit kutil yang menyebar sejak berusia 17 tahun.

Dede si ’Manusia Akar’ asal Cililin Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengundang perhatian dunia. Sebuah lembaga di AS dan Inggris dikabarkan berminat mengobati Dede di negara mereka. Dokter asal Amerika Serikat, Anthony Gaspari, mengatakan pihaknya berminat untuk membawa Dede ke negerinya. Yang diperlukan oleh dia adalah kemudahan perizinan seperti paspor, visa, dsb.

Namun Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan (Depkes), Lily Sriwahyuni Sulistiyowati, mengatakan Depkes tidak akan memberi izin kepada pihak mana pun yang akan membawa Dede ka luar negeri. Pasalnya, penyakit Dede adalah spesimen penyakit yang memang perlu diteliti oleh ahli kesehatan Indonesia.

Mudah-mudahan selama pengobatan berjalan mulus, dan berjalan lancar. Ternyata pihak luar negeri lebih peduli kepada ‘Dede’, setelah pihak luar peduli baru pihak kita. Ada apa ya?


Kehadiran Dede belum lama ini menyita perhatian di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Kota Bandung, Jawa Barat. Kondisi fisiknya memang terbilang unik. Penyakit kulit yang diderita Dede membuat tangannya menyerupai kulit pohon. Lantaran itulah Dede dijuluki manusia pohon.

Kini pihak RS Hasan Sadikin Bandung membentuk tim dokter dari berbagai spesialisasi untuk menyembuhkan Dede. Antara lain spesialis penyakit kulit, penyakit dalam, ortopedi dan patologi. Bukan kali pertama Dede dirawat di rumah sakit rujukan terbesar di Jawa Barat tersebut. Sepuluh tahun silam, ia sempat menjalani pengobatan selama hampir dua tahun, namun tak membuahkan hasil.

Saat ini ia kembali dirawat setelah mendapat sorotan dari berbagai pihak. Kondisi Dede sempat diberitakan sejumlah media massa asing, bahkan mencuri perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari. Perawatan Dede hingga sembuh pun sekarang dijamin bebas biaya.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home