Google

Wednesday, October 31, 2007

Syawal = Peningkatan !!!

Ini masih bulan Syawal. Banyak keluarga, kantor, instansi, dan organisasi masih sibuk menggelar acara syawalan. Inti dari kegiatan Syawalan ini adalah saling berjabat tangan, memohon maaf satu sama lain atas kesalahan2 yg telah terjadi spajang tahun yg telah lalu.

Ada 5 keuntungan (bisa lebih) yang mungkin akan didapat dengan melakukan kunjungan silaturahmi (Syawalan) ke kerabat, saudara, teman ataupun tetangga kita:

1. Mempererat hubungan silaturahmi.

2. Memperbarui hubungan yang pernah terputus.

3. Memungkinkan adanya hubungan pertemanan baru.

4. Makan gratis…(.he..he..he...)

5. Mungkin juga bisa dapet uang lebaran /"fitrah"….:) terutama utk anak2.


Namun, demikian ada hal yang perlu digaris bawahi dlm kita memperingati syawalan ini, yaitu antara lain:
  1. Pandangan Islam melarang kita orang2 mukmin yg tidak / bukan muhrim utk saling berkumpul bebas (campur baur) dlm suatu majelis.
  2. Larangan Islam utk berjabatan tangan antara laki2 & perempuan yg bukan muhrim. Apalagi kalo sampe sun-sunan pipi kiri & kanan...!
  3. Janganlah Berlebih2an dalam dandanan & makan/minum. Ingatlah, masih banyak orang yg kurang beruntung diluar sana! Cobalah berempati dgn mereka ! Akan lebih baik kalo kita bisa mengajak mereka ikut syawalan... merasakan kebahagiaan yg kita rasakan.
  4. Jangan sampai kita sibuk dan mencari kesibukan syawalan terus sepanjang bulan syawal ini sehingga kita lupa mengerjakan sunnah yg utama yaitu : Puasa Syawal ! "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan kemudian disusul dengan puasa enam hari di bulan Syawal maka puasanya itu bagaikan puasa sepanjang tahun" [HR Muslim]. Hayo kita bergegas merampungkan puasa Syawal, mumpung masih ada waktu, yg nilainya seperti 12 bulan berpuasa padahal cuma kita kerjakan slama 6 hari aja... hem... Ringan bukan?!
  5. Jangan lupa pula utk Membayar hutang puasa Ramadhan yang kemarin, kalau sempat bolong, mungkin krn sakit / dalam safari/dlm perjalanan mudik.
  6. Apa saja Amal2 kebaikan yg telah dapat kita laksanakan slama bln Ramadhan kemarin seperti : Sholat berjamaah dimasjid, Tadarus Qur'an, Sholat Malam, menahan pandangan, perkataan dari yg sia2 apalagi yang kotor, memperbanyak infak, sadaqah, dll hendaknya jangan sampai terhenti sampai di akhir bulan Ramadhan 1428 h saja, krn kalo begitu berarti Kita tidak ada peningkatan dong! Padahal "Syawal" itu sendiri berarti "peningkatan/ setingkat lebih maju", bukan "penurunan".
Semoga dengan memperhatikan itu semua kita dapat mempertahankan & meningkatkan kesholihan kita tak hanya di bulan Ramadhan, namun terus-menerus meningkat hingga 11 bulan ke depan, hingga bulan Ramadhan 1429 h datang kembali, dan bahkan hingga ajal kita akhirnya datang menghampiri, sehingga kita termasuk dlm golongan orang2 yg Khusnul Khotimah... Aminn!!

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home